Jumat, 28 Oktober 2011

Menjaga Kebugaran Tubuh Agar Tetap Fit


Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda jalankan dan semoga bisa membantu:
1. Jangan tidur karena mengantuk
Mungkin Anda bingung dengan poin pertama yang saya sampaikan diatas. Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat dan pola kehidupan di kota metropolitan memang membuat orang kadangkala tidak mau ”tidur sore”. Kebanyakan dari mereka selepas lelah bekerja di kantor baru tidur pada pukul 11 atau 12 malam dan bahkan pada pukul 01 dini hari. Padahal pola istirahat seperti itu sangatlag tidak sehat, karena tubuh kita membutuhkan istirahat total setidaknya 8 jam sehari. Kebanyakan para profesional suka bekerja hingga larut malam dan baru berhentu kerja jika benar-benar sudah mengantuk. Dan bahkan ketika rasa kantuk sudah tidak bisa kompromi mereka berusaha untuk menghambatnya dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan mengkonsumsi cafeine seperti kopi. Yah…, jika ini dilakukan sekali waktu sih nggak papa tapi kalau menjadi kebiasaan setiap hari ini sangat tidak sehat Jadi saran saya, tidurlah secara rutin tanpa harus menunggu datangnya rasa kantuk. Misalnya Anda tetapkan setiap pukul 21.00 Anda sudah harus istirahat. Maka ngantuk atau tidak ngantuk segeralah istirahat pada jam tersebut.

2. Jangan makan karena lapar
Ini juga penting. Saya punya teman yang pola makannya sangat tidak teratur. Ia punya kebiasaan cukup aneh, yaitu hanya makan jika sudah merasa lapar???. Jadi bisa saja ia hanya makan 1 x sehari pada pagi hari karena pada siang dan malam harinya ia tidak merasa lapar. Namun suatu ketika ia bisa makan sehari lebih dari 5 x karena pada hari tersebut rasa lapar terus menderanya berkali-kali dalam sehari. Tentu saja pola makan seperti itu sangat tidak sehat. Saran saya, makanlah secara teratur 3 x sehari (pagi, siang dan malam) dengan menu yang sehat. Artinya jangan menunggu rasa lapar datang baru makan atau menuruti rasa lapar yang terus-terusan terjadi. Pokoknya ikuti aja pola umum makan pagu, makan siang dan makan malam. Lapar atau tidak lapar tetaplah makan pada waktunya. Disamping memilih makanan yang sehat Anda tentu juga harus makan dengan ukuran yang wajar (tidak berlebihan)
Nah, saya rasa sementara dua tips sederhana diatas coba Anda lakukan dahulu sebelum saya berikan tips-tips lainnya. Saya yakin Anda akan merasakan perubahan hidup yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar